Selasa, 11 Juni 2019

Polres Probolinggo : Polsek Sukapura Amankan Salat Idul Fitri Jamaah Aboge

Tribratanews Polres Probolinggo | Polsek Sukapura Polres Probolinggo mengamankan kegiatan salat Idul Fitri Jamaah Aboge di Desa Ngepung Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Jamaah Aboge menggelar salat Idul Fitri di Masjid Al-Barokah Dusun Petungsari desa setempat, Kamis (6/6/2019).

Salat Idul Fitri dimulai pukul 06.30 Wib diikuti puluhan warga. Bertindak selaku Imam dan khatib yaitu H. Abdul Qodir. Dalam khutbah disanpaikan tema tentang Menjalin Silahturahmi Menebalkan Iman dan Takwa.

Kapolsek Sukapura Iptu Sugeng Hariono, mengatakan bahwa jamaah Islam Aboge untuk menentukan pelaksanaan puasa ataupun Idul Fitri menggunakan kepercayaan perhitungan kalender Jawa. Oleh karena itu, mereka baru melaksanakan salat Idul Fitri pada hari ini, sehari setelah Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah.

“Walaupun pelaksanaannya tidak bersamaan dengan penetapan pemerintah, kita tetap amankan kegiatan ibadah salat Idul Fitri jamaah Aboge. Pengamanan dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan saat ibadah berlangsung,” kata kapolsek.

Sementara itu, H Abdul Qodir selaku sesepuh Islam Aboge menyampaikan bahwa pelaksanaan Idul Fitri jamaah Aboge berbeda satu hari dengan penetapan pemerintah. Hal itu karena kita menggunakan perhitungan kalender Jawa. Karena 1 Muharam jatuh pada Kamis Manis jadi 1 Syawal jatuh pada Kamis Pahing.

“Secara syariatnya sama terkait Idul Fitri hanya saja waktu pelaksanaannya yang berbeda dengan penetapan pemerintah. Adanya perbedaan hendaknya tidak dijadikan permasalahan namun harus tetap menjaga kerukunan antar umat beragama yang Berbhineka Tunggal Ika,” ucapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar